Pendahuluan

Proyek ini sebenarnya adalah proyek tugas akhir saya di salah satu universitas untuk mendapatkan gelar sarjana, dengan program studi elektronika tentunya. Judul yang saya ambil ya seperti yang terlihat di judul posting ini, USB Graphics Tablet Menggunakan AVR.

Ide awalnya bermula dari final project salah satu mahasiswa Cornell University yang berjudul USB Magnetic Mouse. Dalam proyek ini mereka memanfaatkan PCB sebagai papan tablet dan menggunakan sensor hall effect (medan magnet) untuk menangkap gerakan yang dibuat stylus pada papan tersebut. Nah untuk mengirim data ke komputer digunakanlah kabel USB.

Proyek yang saya buat kali ini pun berbentuk graphics tablet namun memanfaatkan sensor kapasitansi. Berbeda dengan graphics tablet komersial pada umumnya yang menggunakan efek induktansi yang disusun dari rangkaian LC, saya memanfaatkan efek kapasitansi pada jalur PCB sehingga dapat dibuat sebuah graphics tablet tanpa menggunakan sensor yang berupa komponen satu pun. Konsep pemanfaatan efek kapasitansi ini saya peroleh dari proyek AVR-based Capasitive Sensor Matrix yang aslinya dibuat oleh Viacheslav Slavinsky dari Rusia.

Konsep Dasar