Baru-baru ini ilmuwan antariksa menemukan hal menakjubkan dari pergerakan Matahari dan planet-planet di tata surya. Sudah umum dipahami oleh kita bahwa planet berrevolusi mengelilingi Matahari, dan satelit (bulan) mengelilingi planet. Tidak pernah berpikir bahwa ternyata titik berat tengah orbit planet bukanlah pusat dari Matahari, atau pusat tengah orbit satelit bukanlah pusat dari planet.

Ternyata titik berat tengah orbit tidak benar-benar di pusatnya, melainkan ada titik dimana pusat berat orbit berada yang dinamakan barycenter. Jika dilihat dari animasi berikut maka seakan-akan Matahari sendiri mengelilingi titik tengah yang bukan Matahari itu sendiri.


Jika kurang jelas maka Pluto dan satelitnya menunjukkan bahwa mereka mengelilingi titik dimana itu bukanlah Pluto.


Maka sangat relevan ayat berikut yang memberitahu bahwa Allah lah yang mengatur benda-benda angkasa bergerak sesuai dengan kehendak-Nya.

هُوَ ٱلَّذِي جَعَلَ ٱلشَّمۡسَ ضِيَآءٗ وَٱلۡقَمَرَ نُورٗا وَقَدَّرَهُۥ مَنَازِلَ لِتَعۡلَمُواْ عَدَدَ ٱلسِّنِينَ وَٱلۡحِسَابَۚ مَا خَلَقَ ٱللَّهُ ذَٰلِكَ إِلَّا بِٱلۡحَقِّۚ يُفَصِّلُ ٱلۡأٓيَٰتِ لِقَوۡمٖ يَعۡلَمُونَ

Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. (QS Yunus : 5)

Sumber: https://www.businessinsider.com/animation-reveals-invisible-center-of-solar-system-not-sun-2020-7?r=US&IR=T